Anak Anda Mau Sunat? Ini Dia Fakta dan Mitosnya (Bagian 1)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Sampai saat ini bangsa Indonesia kaya akan adat dan istiadat yang masih dipegang teguh oleh masyarakatnya. Salah satunya adalah berhubungan dengan sunat atau khitan. Banyak mitos yang muncul berhubungan dengan adat dan istiadat dalam berkhitan. Namun faktanya tidak sesuai dengan ilmu medis, terlebih lagi bertentangan dengan ajaran agama. Singkatnya, dalam nada yang sama mitos adalah suatu kebohongan belaka. Karena itu, jangan sampai mitos-mitos tersebut menghambat tindakan sunat anak anda.

Berikut adalah beberapa hal yang berhubungan dengan fakta dan mitos seputar sunat atau khitan yang masih beredar ditengah-tengah masyarakat kita :

1. Peristiwa anak dikhitan Jin

Anak dikhitan jin, benarkah demikian? Pada dasarnya tidak ada jin yang bertindak sebagai dokter khitan, ini sudah jelas salah. Ada gangguan pada penis yang menyebabkan kulup penis tertarik ke belakang dan sulit dikembalikan, sehingga penis terasa seperti tercekik. Dalam bahasa medis disebut dengan istilah paraphimosis. Kondisi yang menyebabkan terjadinya paraphimosis antara lain faktor setelah ereksi, menarik penis terlalu kuat pada saat mau kencing dan kulup penis sering dibuat main-main pada anak. Kalau terjadi peristiwa seperti ini sebaiknya segera hubungi dokter, khitan justru perlu dilakukan untuk membuang kulit tersebut.

*Baca juga : Biaya Sunat di Klinik “Zaman Now” Tahun 2019

2. Pantangan makan ikan, ayam, telur dan daging setelah dikhitan

Makanan tersebut dipercaya akan memperlambat sembuhnya anak yang dikhitan, mitos ini kurang tepat. Padahal, makanan tersebut mengandung protein tinggi yang berperan penting dalam proses penyembuhan luka. Manfaat protein adalah untuk memperbaiki dan menggantikan jaringan sel yang rusak serta berperan dalam tumbuh kembang anak. Kemungkinan awal beredarnya mitos ini dikarenakan ada anak yang selesai dikhitan memiliki alergi terhadap makanan yang mengandung protein sehingga mengakibatkan anak merasa gatal di daerah luka dan sembuhnya lama. Pada prinsipnya, jika anak tidak ada alergi terhadap makanan tertentu, tidak ada makanan yang harus dipantang setelah khitan. Jadi, orang tua jangan takut memberi makanan tersebut.
Mitos yang lainnya akan dibahas pada artikel selanjutnya antara lain :

  1. Tidak boleh lari-lari sebelum dikhitan agar tak keluar banyak darah
  2. Dilarang menangis saat dikhitan
  3. Khitan membuat pertumbuhan anak semakin cepat
  4. Dikhitan sebelum akil baligh atau pubertas bikin tak bisa tinggi
  5. Terlambat dikhitan bikin alot prosesnya
  6. Hubungan khitan dengan kesehatan
  7. Anggapan khitan hanya sekadar Adat, bukan ajaran Islam
  8. Apakah boleh khitan bersama saudara kandung dalam waktu bersamaan.
  9. Hari Baik untuk khitan.
  10. Mengubur bagian kulit yang dipotong.

*Baca Juga : Khitan Dewasa, Apakah Aman ?


“Apa yang membuat seseorang percaya pada setumpuk bukti adalah sebuah ‘daftar’ dari apa yang diinginkannya yang seringkali tidak ia sadari sepenuhnya. Apabila seseorang disuguhkan fakta yang berlawanan dengan insting nya, ia akan menutupnya rapat-rapat, kecuali bila fakta itu sudah terlau banyak, ia bahkan akan menolak untuk mempercayainya. Di sisi lain, bila ia disuguhkan fakta yang sesuai dengan instingnya meskipun tidak memadai, ia cenderung akan menerimanya. Mitos sejati harus dilihat melalui cara ini” (Bertrand Russell – Filsuf, ahli matematika dan peraih Nobel sastra dari Inggris 1872-1970).
Karena itu, hati-hati terhadap mitos yang beredar. Yang paling penting cari tahu kebenarannya terlebih dahulu, daripada langsung menelan informasinya mentah-mentah.

*Baca juga : Biar atas bawah “GANTENG” Pria Dewasa Segera Khitan

More to explorer

4 thoughts on “Anak Anda Mau Sunat? Ini Dia Fakta dan Mitosnya (Bagian 1)

  1. Website ini sangat membantu sekali untuk masyarakat, kalo mau sunat tinggal cari saja klinik terdekat dengan rumah kita. Pokonya semua jaringan klinik yang ada di website dokterkhitan.com recomended dehh

    • Untuk daerah Purwokerto dan banyumas belum ada dokter Sholeh Prasetyo..

      DokterKhitan.com merupakan sebuah platform/media jaringan sistem online yang memberikan informasi seputar dunia khitan/sunat dengan menghubungkan masyarakat yang membutuhkan pelayanan khitan/sunat dengan klinik atau praktek pribadi dokter yang melayanani khitan/sunat.

      Ayo bergabung bersama kami untuk mempromosikan klinik atau praktek Pribadi ANDA…..

      Untuk bergabung bersama DokterKhitan.com silahkan daftar langsung Via WA ke no. 081398948621.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *