Berapa Lama Bisa Bercinta Setelah Melakukan Sunat Dewasa?

Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyebutkan, salah satu manfaat tindakan sunat adalah bisa menurunkan risiko penularan HIV dan penularan infeksi menular seksual pada pria. Sayangnya, banyak pria dewasa enggan melakukan tindakan yang dianjurkan tersebut. “Berbagai alasan yang menyebabkan pria dewasa enggan melakukan sunat tersebut, salah satunya adalah karena luka pasca sunat pada dewasa lebih lama sembuh sehingga dianggap dapat menghambat untuk segera melakukan hubungan intim pasca sunat,” kata dr. Ardinal dari dokterkhitan.com yang ditemui di Klinik Keluarga Kita, Kemayoran.

Proses pengerjaan sunat atau khitan dewasa pada dasarnya tidak ada perbedaan dengan anak-anak. Yaitu sama-sama membuang sebagian atau seluruh kulit penutup kepala penis. Meski demikian, prosedur khitan pada dewasa agak lebih rumit dibandingkan dengan anak-anak. Tantangan utama dari sunat dewasa adalah luka khitan yang lebih lama sembuh. Pada pasien dewasa lama penyembuhan luka pasca khitan dapat berbeda-beda, tergantung pada kondisi luka dan kondisi tubuh masing-masing.

Saat ini penanganan luka pasca sunat sudah berkembang dengan pesat. Dokter dan tim akan menyarankan beberapa hal agar luka sunat dewasa cepat sembuh sehingga semakin cepat juga dapat melakukan hubungan seksual. 

“Seiring perkembangan zaman, proses penyembuhan luka pun dapat dimonitor setiap saat melalui foto dan video yang dikirimkan pasien via WA langsung ke dokter operator. Meski demikian pasien tetap harus kontrol ke klinik sesuai jadwal yang ditentukan dokter” kata dr. Ardinal.

Lakukan 7 hal berikut ini agar luka sunat dewasa cepat sembuh :

  1. Minum obat secara teratur sesuai dosis yang dianjurkan dan kontrol ke klinik sesuai jadwal yang ditentukan dokter.
  2. Apabila luka pasca khitan diperban, jagalah perban tetap kering dan bersih.
  3. Membatasi aktifitas fisik, terutama aktifitas sedang dan berat.
  4. Pakailah pakaian yang longgar untuk menghindari iritasi pada penis.
  5. Mengontrol ereksi dengan cara buang air kecil sebelum tidur, apabila rasa ingin buang air kecil tidak boleh ditahan, hindari kegiatan yang memancing terjadinya ereksi.
  6. Tidak melakukan hubungan seksual kurang lebih 4 minggu pasca sunat.
  7. Hubungi dokter jika mengalami peningkatan suhu, kemerahan, perdarahan, dan nyeri pada penis.

“Khitan mengubah kekasaran menjadi kelembutan, mengubah orang tak berpendirian menjadi teguh berpendirian, mengubah pengecut menjadi pemberani, mengubah penderitaan menjadi kebahagiaan, dan khitan membawa perubahan-perubahan bagi siang dan malam”.

–Dokterkhitan.com–