Bingung Pilih Sunat Laser Atau Sunat Kauter Ya ?

Ada banyak metode sunat yang lazim dilakukan di Indonesia, mulai dari sunat konvensional, sunat kauter, sunat klamp, sunat lem dan sunat stapler. Sedangkan sunat laser tidak umum dilakukan di Indonesia walaupun kata sunat “laser” sangat familiar ditelinga masyarakat kita.

Loh, Ko Bisa Ya ?

Masyarakat kita terlanjur menyamakan antara sunat elektro kauter dan sunat laser. Hal ini kemungkinan besar terjadi karena banyaknya fasilitas kesehatan yang masih menggunakan istilah “sunat laser” walaupun metode yang di maksud adalah menggunakan alat elektro kauter. Sehingga secara otomatis masyarakat akan teredukasi oleh mereka dan sulit untuk merubahnya lagi. Dalam pemanfaatanya secara medis, kauter dan laser memang memiliki beberapa kemiripan, namun alat, prinsip kerja dan efeknya berbeda

Baca Juga : Biaya Sunat Di Klinik Zaman Now

Sunat Elektro Kauter

Yaitu proses sunat menggunakan alat yang dapat merubah arus listrik menjadi energi panas pada sebuah elemen logam berbentuk pipih atau bulat yang dapat memotong kulup penis. Electro Cauter yang cukup aman digunakan dalam khitan adalah jenis High Frequent Electro Cauter (HFEC). Alat ini berfungsi untuk memotong jaringan sekaligus juga dapat membakar pembuluh darah yang terpotong dengan cepat sehingga perdarahan dapat diatasi dengan mudah. HFEC memiliki standardisasi medis yang jelas. Alat ini seperti jarum tato, tidak menyala tapi panasnya bisa untuk memotong jaringan tubuh.

Alat electro cauter lainnya digolongkan sebagai Low Frequent Electro Cauter (LFEC) yang pada umumnya belum memiliki standarisasi keamanan secara medis. Alat LFEC inilah yang sering digunakan oleh para prakitisi khitan di klinik untuk memotong kulup penis untuk melakukan tindakan sunat. Walaupun alat LFEC ini pada umumya belum memiliki standar keamanan secara medis, apabila digunakan oleh praktisi yang sudah terlatih dan berpengalaman maka akan menghasilkan tindakan sunat yang aman dan nyaman bagi pasien. Metode elektro kauter inilah yang sering disalah artikan sebagai metode “LASER”.

Baca Juga : Cegah Infeksi Virus Pada Alat Kelamin Pria Dengan Sunat

Sunat Laser CO2

Laser (Light Amplification Stimulated Emission Of Radiation) atau sebuah cahaya yang dikuatkan kemudian distimulasi untuk menghasilkan sebuah radiasi. Nah, begitulah kira-kira jika istilah tersebut di jelaskan ke dalam bahasa Indonesia. Ada banyak sekali bentuk penggunaan laser di dunia. Yaitu sebagai laser pointer, mouse computer, untuk menentukan titik pelurus arah tembakan, memotong, ada juga laser hair removal , kemudian ada juga laser untuk penyembuhan luka dan banyak lagi.

Sinar laser cukup kuat dan dapat dimanfaatkan dalam bidang kedokteran untuk memotong, membakar, atau merusak jaringan tubuh. Sinar ini memiliki ketepatan yang tinggi, sehingga dapat menangani jaringan tertentu tanpa merusak jaringan di sekitarnya. Metode laser ini adalah metode dengan menggunakan alat canggih yaitu laser CO2.

Pada prinsipnya hampir sama dengan metode sunat elektro kauter, setelah dilakukan anestesi lokal, maka kulup akan dipotong menggunakan laser CO2. Metode ini memiliki beberapa keunggulan antara lain perdarahan sangat minimal, penyembuhan luka lebih cepat meskipun tetap menggunakan penjahitan luka, dan memiliki hasil estetika yang lebih sempurna dibandingkan metode elektro kauter. Akan tetapi fasilitas kesehatan yang menyediakan sunat laser ini masih sangat jarang, dikarenakan metode ini tidak mempunyai kelebihan yang signifikan dibandingkan metode yang lainnya dan biayanya tergolong mahal untuk sebuah tindakan sunat.

Jadi, “jika anda hendak menjalani suatu prosedur khitan atau sunatan sebaiknya tanyakan dulu ke dokter dengan jelas mengenai cara kerja alat, manfaat, dan risikonya. Carilah fasilitas kesehatan yang legalitasnya sudah terjamin dengan memiliki tenaga medis yang berkompeten dibidangnya.”

Baca Juga : Berapa Lama Bisa Bercinta Setelah Melakukan Sunat Dewasa?