Cara Membujuk Anak Agar Tidak Takut Saat Khitan

Agar anak tidak lagi takut dengan khitan, simak cara membujuknya di bawah ini.

1. Membuat Anak Penasaran
Hal pertama yang harus dilakukan agar bisa membujuk anak mau melakukan khitan adalah membuat mereka penasaran. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan informasi terkait khitan dengan baik.

2. Memberikan Penjelasan Manfaat
Anak juga harus diberikan edukasi terkait dengan manfaat dari melakukan khitan. Misal manfaat dari segi kesehatan. Apabila anak sudah mulai dewasa bisa dijelaskan juga manfaat yang berhubungan dengan reproduksi.

3. Memberikan Penjelasan Sesuai Keyakinan
Penjelasan terkait dengan keyakinan juga bisa diberikan kepada anak. Misal khitan berhubungan dengan syarat menjalankan ibadah agar berjalan dengan baik.

4. Tidak Memaksa
Meski anak sedikit menolak ada baiknya tidak terlalu memaksa mereka untuk melakukannya. Biasanya semakin dipaksa, anak akan semakin tidak mau untuk melakukan khitan bahkan semakin ketakutan.

5. Diberi Kesempatan Berdiskusi
Ada baiknya diberi kesempatan untuk melakukan diskusi bersama dengan anak. Bisa mendengarkan alasan mereka mengapa takut untuk melakukan khitan.

6. Tidak Ditakuti-takuti
Ada baiknya untuk tidak ditakut-takuti lebih jauh lagi. Beberapa orang tua sering sekali membuat anak takut seperti khitan saat dewasa sulit dilakukan, lebih sakit, atau lainnya.

7. Diberikan Hadiah
Memberikan hadiah atau iming-iming barang tertentu sebagai bisa dilakukan agar mereka mau melakukannya. Misal dijanjikan akan diberikan gadget untuk sekolah atau dirayakan ulang tahunnya.

Seperti yang sudah diuraikan sebelumnya, membujuk anak khitan memang bukan pekerjaan yang gampang. Namun, tetap bisa dilakukan dengan beberapa tips agar tidak takut khitan di atas.

Ditulis Oleh: Tim Redaksi DokterHub

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Biaya harga sunat / khitan Dokterkhitan.com bersaing. Lokasi sunat khitan tersebar di Jakarta, Bekasi, Depok dan lokasi terdekat lainnya. Rumah sunat / sunatan kami menyediakan layanan sunat klamp, klem, laser (Electric Cauter), Gun Stapler dan tentunya Power Lem.

Khitan Wanita

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyebut sunat perempuan bersifat makrumah (ibadah yang dianjurkan).

Khitan Reparasi

Dokter khitan dapat membantu memperbaiki hasil khitan yang tidak baik / gagal ke bentuk anatomi penis yang lebih estetik.

Khitan Massal

Dokter Khitan hadir untuk membantu Perusahaan/ Yayasan/ Lembaga/ Perorangan yang akan mengadakan program CSR Sunatan Massal dengan berbagai paket sunat beragam dan dengan harga terbaik.

Khitan Autis

Kondisi “special” pada anak menuntut usaha optimal oangtua memilihkan klinik khitan terbaik . Dokter Khitan memberikan metode sunat terbaik dan tidak mengganggu aktifitas anak dengan kondisi “Spesial”.

Khitan Gemuk

Tanpa perlu diet ketat, tanpa perlu terapi hormon dan menggunakan Tekhnik Khusus membuat sunat gemuk minimal resiko sunat ulang.

Khitan Dewasa

Penggunaan metode sunat khusus dewasa yang terbaik dan terlengkap serta anastesi sudah tanpa menggunakan jarum suntik dan prosesi khitan lebih privasi.

Khitan Bayi

Melayani khitan untuk bayi dari 0 bulan sampai dengan anak usia 13 tahun.  Dengan metode sunat yang terbaik  serta minim rasa nyeri membuat anak akan lebih nyaman.

Khitan Anak

Melayani khitan untuk bayi dari 0 bulan sampai dengan anak usia 13 tahun.  Dengan metode sunat yang terbaik  serta minim rasa nyeri membuat anak akan lebih nyaman.

Metode Powerlem

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.