Cegah Infeksi Virus Pada Alat Kelamin Pria Dengan Sunat

Ada sebagian masyarakat beranggapan bahwa sunat hanya sekedar perintah agama dan anjuran adat semata. Padahal ada juga hubungannya dengan ilmu medis, karena sudah terbukti secara ilmiah bahwa tindakan sunat atau khitanan bisa mencegah berbagai macam gangguan kesehatan pada organ reproduksi laki-laki. Dengan menghilangkan sebagian kulit kulup penis maka tumpukan kotoran, penyakit infeksi kuman dan virus yang berkembang di sekitar penis bisa dicegah dan dihilangkan.

Manfaat Utama Sunat Berdasarkan Sudut pandang Medis Adalah :

  1. Menjaga kebersihan penis.
  2. Mencegah terjadinya infeksi penis.
  3. Mencegah timbulnya kanker penis.

Penyakit infeksi virus yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual​

Ada sebagian masyarakat beranggapan bahwa disunat hanya sekedar perintah agama dan anjuran adat semata. Padahal ada juga hubungannya dengan ilmu medis, karena sudah terbukti secara ilmiah bahwa tindakan sunat atau khitanan bisa mencegah berbagai macam gangguan kesehatan pada organ reproduksi laki-laki. Dengan menghilangkan sebagian kulit kulup penis maka tumpukan kotoran, penyakit infeksi kuman dan virus yang berkembang di sekitar penis bisa dicegah dan dihilangkan.

  • Molluscum Contagiosum
    Molluscum Contagiosum (Moluskum kontagiosum) adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh virus Pox. Selain lewat hubungan seksual, penyakit ini juga dapat menular lewat kontak kulit seperti kebiasaan pinjam-meminjam handuk mandi atau baju.
  • Mononukleosis
    Mononukleosis alias “mono” adalah infeksi virus yang diakibatkan oleh EBV (Epstein-Barr Virus). Infeksi ini tidak umum menular melalui alat kelamin dan cairan organ intim, melainkan dari pertukaran liur saat berciuman lalu melakukan seks oral.
  • Herpes Genital
    Virus Herpes Simplex (HSV) tipe 1 menyebabkan luka dingin di sekitar mulut. Namun HSV tipe 2 menyebabkan herpes genital, namun kedua jenis HSV bisa menginfeksi area genital. Luka pada pria biasanya dapat ditemukan pada penis, skrotum, pantat, anus, di dalam uretra atau bisa juga di kulit paha. Penyakit ini sulit untuk disembuhkan, pada umumnya hanya bisa untuk meredakan gejalanya.
  • Human Papillomavirus (HPV)
    Penyakit kutil kelamin disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV), muncul berupa satu atau banyak kutil atau benjolan biasanya muncul dalam waktu 1-6 bulan setelah terinfeksi. Gejalanya berupa benjolan yang muncul seperti kembang kol atau jengger ayam pada penis atau anus. Jenis penyakit kelamin ini bisa berakibat serius pada wanita karena dapat menyebabkan kanker serviks.
  • Infeksi HIV

    Human Immunodeficiency Virus (HIV) dapat menyerang sistem kekebalan tubuh, jenis penyakit yang satu ini sangat berbahaya yang telah menewaskan banyak orang. Penyakit HIV sangat menular dan dapat ditularkan melalui aktifitas seksual. Pria yang tidak dikhitan memiliki risiko terinfeksi penyakit ini lebih besar.

Waspadailah jika Anda merasa sedikit saja gatal atau panas di area genital, melihat timbulnya ruam atau benjolan tanpa sebab yang mungkin juga tiba-tiba hilang, merasakan sakit saat buang air kecil, atau mengalami nyeri punggung saat berhubungan seks. Segera memeriksakan diri ke dokter untuk menjalani tes penyakit kelamin. Semoga kita selalu membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Segera berkhitan sebelum muncul penyakit yang dapat membuat kita jadi tidak sehat, baik secara fisik ataupun secara psikis.

“Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati”