Metode Khitan Terbaik

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

“Anda dilahirkan memiliki sayap, mengapa lebih memilih hidup merangkak”.

Jalaludin Rumi – Penyair Sufi, ahli hukum, sarjana Islam dan teolog dari Persia 1207-1273

Banyak metode yang dapat dipilih untuk melaksanakan khitan. Misalnya elektro kauter, klamp, stapler dan lem. Zaman dahulu metodenya hanya satu, yaitu dengan menggunakan gunting atau pisau bedah. Pada zaman “now” setiap klinik khitan telah dilengkapi dengan peralatan yang canggih dan modern.

Melihat akan manfaat khitan dan proses operasinya, karena itu telah menjadi perhatian lebih oleh dunia medis. Terlebih lagi untuk semakin menggali manfaat dan menciptakan alat atau metode yang lebih aman untuk tindakan khitan. Lalu, metode apa yang akan dipilih tentu tergantung pada kemauan dan kemampuan biayanya. Berikut ini adalah beberapa metode khitan yang sering dilakukan di Indonesia :

# Metode Konvensional

Jenis metode khitan ini adalah yang biasa dilakukan dalam tindakan khitan. Metode ini merupakan yang paling banyak dilakukan oleh dokter dan tenaga medis profesional dari dulu. Akan tetapi, saat ini perlahan-lahan cara ini mulai ditinggalkan. Prosedur pada tindakan khitan konvensional menggunakan gunting atau pisau khusus bedah.

# Metode Elektro Kauter

Sampai saat ini metode elektro kauter masih digemari oleh masyarakat. Metode ini menggunakan semacam alat yang dapat merubah arus listrik menjadi energi panas. Hal tersebut terdapat pada sebuah elemen logam berbentuk pipih atau bulat yang dapat memotong kulup penis. Elektro kauter sering disalah artikan oleh masyarakat sebagai metode “laser”.

*Baca juga : Khitan Balita

# Metode Klamp

Mulai dari zaman “penjajahan” sampai zaman modern saat ini, terdapat beraneka ragam jenis klamp yang digunakan untuk khitan. Akan tetapi, klamp yang paling sering digunakan saat adalah Smart Klamp, Alis Klamp, Mahdian Klamp dan Sunathrone Klamp. Klamp-klamp tersebut memiliki beberapa ukuran, disesuaikan dengan ukuran diameter penis. Alat klamp sendiri bersifat “single use only” atau sekali pakai. Sehingga tidak dapat digunakan berulang.

# Metode Stapler

Merupakan suatu alat bedah untuk khitan dan sekaligus alat penjahitan luka khitan yang menggunakan staples. Adalah metode khitan terbaru dan yang paling canggih saat ini. Hal ini ditandai dengan operasi yang sederhana, aman dan efisien. Dimana teknik khitan dan penjahitan konvensional selama ini memiliki kekurangan. Contohnya seperti pembedahan yang rumit, durasi yang lama, lebih banyak perdarahan, nyeri, insisi tidak rapi sampai hematongia paska khitan.

Keunggulan dari alat ini adalah dapat menggabungkan tiga metode sebelumnya yaitu konvensional, elektro kauter dan klamp. Yang paling penting adalah, alat ini dapat meminimalisir kekurangan dari ketiga metode sebelumnya.

*Baca juga : Khita Bayi

# Metode Lem

Metode khitan tanpa jahitan konvensional, namun menggunakan zat kimia 2 octyl cyanoacrilate. Akibatnya, menghasilkan prosedur khitan yang lebih cepat dan minim rasa nyeri. adalah metode khitan terbaru dengan menggunakan alat-alat khitan gaya lama (Gomco Clamp, Winkelmann Clamp dan Mogen Klamp) . Lem jaringan 2-Octyl Cyanoacrilate (2-Oca) dapat digunakan sebagai metode alternatif untuk menutup luka khitan.

Mana yang Lebih baik ?

Kesimpulannya, setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, kekurangan yang dimiliki setiap metode tersebut tidak akan merugikan pasien. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penjelasan yang baik tentang metode-metode khitan saat ini. apa yang paling cocok disesuaikan dengan kondisi pasien

*Baca juga : Khitan Dewasa, Apakah Aman ?

More to explorer

2 thoughts on “Metode Khitan Terbaik

    • Terima kasih … 🙂

      dokterkhitan.com merupakan sebuah platform/media jaringan sistem online yang memberikan informasi seputar dunia khitan/sunat dengan menghubungkan masyarakat yang membutuhkan pelayanan khitan/sunat dengan klinik atau praktek pribadi dokter yang melayanani khitan/sunat.

      Ayo bergabung bersama kami untuk mempromosikan klinik atau praktek Pribadi ANDA…..

      Untuk bergabung bersama DokterKhitan.com silahkan daftar langsung Via WA ke no. 081398948621.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *