Penting, Ini Dia 10 Keuntungan Sunat Saat Bayi

Khitan, sunat atau dalam bahasa medis disebut dengan sirkumsisi merupakan prosedur pemotongan sebagian atau seluruh kulit kulup yang menutupi kepala penis. Tidak banyak orang mengetahui bahwa tindakan sunat dapat dilakukan pada semua tingkatan usia.

Nah, berapakah usia yang paling tepat untuk khitan?

Dalam tinjauan medis, khitan dapat dilakukan kapan saja. Pemilihan usia khitan biasanya dipengaruhi oleh adat-istiadat setempat. Di Arab Saudi anak biasa dikhitan pada usia 3- 7 tahun, di India natara 5-9 tahun, di Iran mulai umur 4 tahun. Di Indonesia tiap daerah juga berbeda-beda. Anak suku Jawa biasanya dikhitan pada usia sekitar 10-15 tahun, sedangkan suku Sunda biasanya mengkhitan anak di usia 3- 5 tahun.

Khitan sebaiknya dilakukan sedini mungkin, menurut ilmu kedokteran bayi merupakan individu yang berusia nol (0) sampai dengan dua belas (12) bulan. Untuk tindakan khitan itu sendiri idealnya dilakasankan mulai dari bayi usia 7 hari – 60 hari. Alasannya adalah pada saat usia sudah 7 hari, harapanya bayi sudah terbebas dari penyakit yang menyertai saat lahir, misalnya penyakit kuning. Sedangkan, pada saat usia bayi sudah lebih dari 60 hari atau dua bulan , maka lemak pubis atau lemak bawah perutnya semakin tebal sehingga bisa menjadi faktor penyulit untuk operator.

Selain tak perlu bersusah payah membujuk buah hati, inilah 10 keuntungan sunat bayi yang perlu anda ketahui:

  1. Penyembuhan lebih cepat.
  2. Perawatan mudah dan maksimal.
  3. Mencegah infeksi & penyakit berbahaya lainnya.
  4. Mencegah penyulit dikemudian hari.
  5. Risiko perdarahan minimal.
  6. Proses tindakan sunat relatif lebih cepat.
  7. Tidak ada biaya ekstra untuk membujuknya.
  8. Tidak perlu tenaga ekstra untuk membujuknya.
  9. Tidak ada trauma psikologis.
  10. Meningkatkan kecerdasan.

Sekarang anda sudah mengetahui bahwa banyak manfaat sunat saat bayi dibandingkan saat usia balita atau kanak-kanak. Semoga para orang tua tidak takut dan ragu lagi untuk mengkhitankan bayinya dan tidak ada lagi orang tua yang menganggap sunat bayi adalah hal yang tabu dan menakutkan.

“SUNAT BAYI itu AMAN dan BANYAK MANFAAT”