Perawatan Pasca Khitan Stapler Pada Anak dan Dewasa

Sejalan dengan semakin berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan tentang sunat atau khitan maka metode khitan pun semakin beragam, yang sedang dan masih populer saat ini seperti metode klamp/tabung, metode electric cauter/laser, metode stapler dan metode lem. Perawatan pasca khitan yang tepat sangat penting agar terhindar dari resiko infeksi dan juga membantu kondisi pasien cepat pulih dari luka khitan. Oleh karena itu, orang tua dan pasien sudah semestinya memperhatikan perawatan pasca khitan yang diajarkan sesuai dengan metode yang dipilih.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan setelah khitan metode stapler:

  1. Mengkonsumsi Obat-obatan yang sudah diberikan oleh dokter sesuai dosis anjuran.
  2. Sebelum pemulihan yang sempurna hindari aktivitas berlebihan.
  3. Coba beberapa cara untuk menghindari ereksi yang berlebihan, contohnya : buang air kecil sebelum tidur, bangun tengah malam untuk buang air kecil dan hindari kegiatan yang memancing terjadinya ereksi.
  4. Bagi pasien dewasa, hindari hubungan seksual 1 bulan setelah operasi.
  5. Luka akan dibalut dengan perban selama 7 hari, untuk pasien dewasa dan 3 hari untuk pasien anak-anak, apabila luka sudah bagus pasien boleh mandi
  6. Nyeri pasca operasi itu normal, beberapa jam kemudian akan hilang sendiri, apabila nyeri tidak hilang obat pengurang nyeri bisa diminum.
  7. Bengkak yang timbul setelah tindakan itu normal, bengkak akan hilang dengan sendirinya, apabila pasien khawatir bisa konsultasi dengan dokter.
  8. Selama proses penyembuhan luka akan keluar cairan dari luka, itu normal dan akan hilang dengan sendirinya ketika sudah diperbolehkan mandi.
  9. Apabila setelah tindakan luka khitan robek karena kecelakaan atau aktivitas yang berlebihan segera hubungi dokter.
  10. Satu minggu setelah tindakan pasien diperbolehkan mandi, setelah mandi luka khitan bisa dikompres dengan kassa dan betadine.
  11. 3 hari setelah operasi pasien kembali ke dokter untuk diperiksa luka khitannya, pada saat ini akan dilakukan tindakan pemotongan silikon gasket supaya stapler bisa lepas sendiri dan dilakukan kegiatan penggantian perban.
  12. Setelah perban dibuka pasien melakukan perawatan luka dengan kompres kassa dan betadinee 1x di pagi hari dan 1x di sore hari.
  13. Setelah khitan perhatikan apakah ada tanda-tanda perban kekencangan :
    • Susah buang air kecil.
    • Nyeri ketika buang air kecil.
    • Buang air kecil tidak lancar.
    • Kepala penis berubah warna menjadi kebiruan atau kehitaman.
    • Apabila hal tersebut di atas terjadi segera longgarkan perban.
  14. Stapler dan Gasket akan terlepas sendiri sekitar minggu kedua sampai minggu ke tiga, apabila lebih dari itu stapler tidak lepas segera hubungi dokter.

“Jangka waktu kesembuhan yang dibutuhkan pada luka pasca khitan setiap individu berbeda-beda, tergantung dari berbagai macam aspek,” kata dr. Ardinal dari dokterkhitan.com yang ditemui di klinik Keluarga Kita Kemayoran. Secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi kesembuhan pasca khitan tersebut adalah :

  1. Reaksi antigen antibodi tubuh masing-masing.
  2. Asupan nutrisi sehari-hari.
  3. Penyakit penyerta yang sedang diderita.
  4. Mengikuti SOP perawatan yang sudah dianjurkan atau tidak.
  5. Tergantung metode khitan yang digunakan.